Merak-Banyuwangi Tersambung Tol di 2019
2017-04-25
11:21:34

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Pulau Jawa, dari Merak hingga Banyuwangi akan tersambung oleh jalan tol hingga tahun 2019 nanti yakni melalui jalan tol Trans Jawa.

Tak hanya itu, untuk mengurai kemacetan serta mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi di selatan Pulau Jawa, sejumlah ruas jalan tol di pulau terpadat di Indonesia ini juga akan dibangun.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), seperti dikutip detikFinance, Senin (24/4/2017), ruas-ruas tol di Pulau Jawa yang akan tersambung terdiri dari 3 bagian tol utama, yakni tol Jabodetabek, Trans Jawa dan non Trans Jawa. 

Untuk tol Jabodetabek, akan ada 106 km panjang jalan tol yang bakal tersambung hingga 2019. Untuk tahun ini sendiri, ditargetkan bakal ada 36 km panjang jalan tol yang beroperasi.

Di antaranya yang sudah adalah tol akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 km yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Sedangkan sisanya yang saat ini masih dikerjakan adalah Cengkareng-Kunciran 14 km, Kunciran-Serpong 11 km, Serpong–Cinere 10 km, Cimanggis–Cibitung 25 km, Cibitung-Cilincing 34 km, Depok–Antasari 22 km, Bekasi-Kampung Melayu 21 km, Sunter-Rawa Buaya 20 km, dan Batu Ceper-Sunter–Pulo Gebang 9 km. 

Sementara untuk tol Trans Jawa, menjadi ruas terpanjang yang ditargetkan bakal beroperasi, dengan panjang 575 km.

Hingga tahun 2016 lalu, total panjang tol yang telah beroperasi adalah 206 km, dan tahun ini ditargetkan ada 48 km yang bakal beroperasi. Beberapa ruas di antaranya adalah sebagian seksi dari ruas Batang-Semarang dan Semarang-Solo, Kertosono-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya.

Sedangkan untuk tol non Trans Jawa, ada 140 km jalan tol yang ditargetkan beroperasi hingga tahun 2019 mendatang. Tahun ini ditargetkan bakal ada 26 km yang beroperasi, sehingga total panjang ruas yang telah beroperasi hingga akhir tahun nanti menjadi 69 km.

Ruas-ruas tol non Trans Jawa di antaranya adalah tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km, Gempol-Pasuruan 34,15 km, Pasuruan-Probolinggo 31,3 km, dan Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 170 km.

Progres saat ini untuk setiap ruas sendiri berbeda-beda. Ada yang sudah beroperasi sebagian kecil, ada yang telah melaksanakan proses konstruksi, ada yang masih dalam pembebasan lahan, dan ruas-ruas pendukung yang masih akan dilakukan lelang tender. (mkj/mkj)

source : detik.com