Telp. 0333 425001 / Fax. 0333 417437

Berita Api Porprov Jatim V Tahun 2015, Dari Api Blue Fire Gunung Ijen Banyuwangi

Api Porprov Jatim V Tahun 2015, Dari Api Blue Fire Gunung Ijen Banyuwangi

UPACARA pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim V Tahun 2015 di Banyuwangi bakal berlangsung spektakuler. Opening ceremony yang akan dihelat di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, pada 6 Juni mendatang bakal diwarnai penampilan kolosal seribu penari gandrung.

Hal itu terungkap pada rapat persiapan pembukaan Porprov Jatim V yang dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Slamet Kariyono bersama jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait kemarin (25/5). Rapat yang berlangsung di lounge pelayanan publik kantor Pemkab Banyuwangi itu juga diikuti Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi, Bambang Wahyudi.

Menariknya, upacara pembukaan tersebut bakal diwarnai sesuatu yang pertama di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Pihak panitia lokal Porprov Jatim merencanakan api perhelatan olahraga paling akbar se-Jatim itu adalah api biru (blue fire) Gunung Ijen.

Pengambilan api Porprov itu rencananya akan dilakukan pukul 02.00 Kamis mendatang (28/5). Sekkab Slamet mengatakan, pengambilan api Porprov di Gunung Ijen itu dilakukan sekaligus untuk mempromosikan salah satu objek wisata andalan Bumi Blambangan tersebut.

Setelah diambil di Gunung Ijen, kata dia, api Porprov itu akan dikirab keliling Banyuwangi. “Api Porprov akan dikirab keliling Banyuwangi sekaligus untuk menyosialisasikan even akbar itu,” ujarnya. Setelah itu, kata Sekkab Slamet, api tersebut akan “disemayamkan” di Pendapa Sabha Swagata Blambangan sebelum akhirnya dinyalakan di venue utama Porprov, yakni di Stadion Diponegoro.

“Ini rencana awal kami. Kami akan menyusun rundown acara secara detail,” tuturnya. Dikatakan, usai upacara inti pembukaan Porprov Jatim 2015, acara akan dilanjutkan pergelaran tari yang disajikan seribu penari gandrung. Selain itu, penonton, atlet, dan official pertandingan, juga akan dihibur penampilan dua artis lokal Banyuwangi yang tengah naik daun, yakni Suliyana dan Wandra.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KONI Banyuwangi, Bambang Wahyudi menuturkan, pengambilan api Porprov di Gunung Ijen bakal diusulkan kepada panitia tingkat provinsi. “Rencana awal pengambilan api Porprov di Gunung Ijen dilakukan dini hari pada 28 Mei mendatang.

Jadwal pastinya menyusul,” tuturnya. Sementara itu, sebelum digunakan sebagai lokasi opening ceremony Porprov, Stadion Diponegoro bakal digunakan untuk menghelat istighotsah akbar yang rencananya diikuti seribu sampai 1.500 jamaah.

Istighotsah itu direncanakan digelar di halaman depan stadion besok malam (27/5). Di sela kegiatan itu juga bakal dilakukan peresmian Stadion Diponegoro yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Abdullah Azwar Anas. (radar) - Rizal_Bappeda.28/05/15

 

 

Berita

Kemenperin Pilih Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Festival Busana Berpewarna Alam

Banyuwangi - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memilih Kabupaten Banyuwangi menjadi tuan rumah event nasional, Swarna Fest 2016, yang digelar 10-
Selengkapnya....


Konser Godbless di Taman Gesibu Banyuwangi Pecah!

Banyuwangi - Duo rock legendaris Godbless, Ahmad Albar dan Dony Fatah, manggung di Bursa Rock 2016 di Taman Gasibu Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/4
Selengkapnya....


BANYUWANGI RAIH PRO POOR AWARD

Jelang hari jadinya yang ke 241, Kabupaten Banyuwangi kembali meraih prestasi yang gemilang di bidang penanggulangan kemiskinan. Selasa tanggal 21 N
Selengkapnya....


0