Telp. 0333 425001 / Fax. 0333 417437

Berita Bandara Banyuwangi Bakal Dilengkapi Terminal Jet Pribadi

Bandara Banyuwangi Bakal Dilengkapi Terminal Jet Pribadi

Banyuwangi -

Pemkab banyuwangi terus berupaya mengoptimalkan fungsi Bandara Blimbingsari. Setelah penambahan rute dan pesawat komersil serta pembangunan fasilitas sekolah pilot, kini Bandara Blimbingsari akan dijadikan terminal private jet alias pesawat jet pribadi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, terminal khusus private jet diperuntukkan bagi pesawat-pesawat dengan kapasitas di bawah 30 tempat duduk. Terminal private jet itu dikelola oleh operator fixed base operation (FBO) CEO Jetset. FBO adalah pihak komersial yang diberi izin untuk mengoperasikan sejumlah layanan di bandara, termasuk penyewaan pesawat.

Operator CEO Jetset menyewa sejumlah fasilitas di Bandara Blimbingsari untuk dijadikan terminal general aviation. General aviation adalah salah satu sub sektor penerbangan yang antara lain melayani penerbangan pesawat jet pribadi dan pesawat pesanan.

"Terminal private jet di Banyuwangi ini untuk tahap awal tidak harus membangun apa-apa dulu. Operatornya akan memakai Ruang VIP baru bandara sebagai lounge, dan runway atau landasan Bandara Blimbingsari yang 1.800 meter sudah cukup untuk pendaratan pesawat jet," kata Bupati Anas, Jumat (8/8/2014).

Sementara Presiden Komisaris CEO Jetset, Rendra Darmakusuma, menjelaskan, layanan private jet ini akan segera beroperasi di Banyuwangi paling lambat awal 2015. Saat ini, kata dia, FBO terminal private jet ini hanya ada di satu di Indonesia, yakni di Bandara Ngurah Rai Bali.

"FBO di Indonesia hanya satu, dan operatornya adalah asing. Pengembangan di banyuwangi ini akan jadi pertama di Indonesia yang operatornya adalah putra Indonesia," kata Rendra yang juga pengusaha asli Banyuwangi.

Saat ditanya alasan membuka terminal private jet ini, Rendra menjelaskan bahwa potensi Banyuwangi cukup menjanjikan. Selain potensi pariwisatanya, perkembangan lalu lintas penerbangan ke Banyuwangi cukup cerah.

"Sudah ada dua maskapai ke Banyuwangi itu salah satu menandakan bahwa geliat industri penerbangan di Banyuwangi berkembang. Di samping juga ada hanggar sekolah penerbangan yang bisa dimanfaatkan," katanya.

FBO ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain jasa pemeliharaan pesawat, hanggar untuk ruang penyimpanan pesawat, dan lounge.

"Ke depan kita berencana memperluas hingga helicopter maintenance," pungkas Rendra.(Detik.News) (Hsty_05112015)

Berita

Taman Kota yang Cantik

TAMAN Sri Tanjung, salah satu destinasi wisata kota di Banyuwangi. Sejak direnovasi total, tempat itu layak direkomendasikan disinggahi. Fasilitas rua
Selengkapnya....


Pemkab Banyuwangi Optimalkan 38 Armada Perpustakaan Keliling

Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengoptimalkan keberadaan 38 armada perpustakaan keliling untuk menjangkau seluruh wilayah gu
Selengkapnya....


Tradisi Unik di Banyuwangi, Suguhan 3.000 Nasi Tumpeng & Pecel Pitik

Banyuwangi - Warga di Desa Kemiren, Banyuwangi berjejalan di sepanjang jalan untuk menggelar tradisi unik Tumpeng Sewu. Tak hanya satu, ada 3.000 nasi
Selengkapnya....


0