Visi Misi dan Tujuan

Dalam rangka mendukung terwujudnya visi Bupati Banyuwangi tahun 2016-2021 sebagaimana Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi Nomor 7 Tahun 2016 yaitu :

“Terwujudnya Masyarakat Banyuwangi Yang Semakin Sejahtera, Mandiri dan Berakhlak Mulia Melalui Peningkatan Perekonomian Dan Kualitas Sumber Daya Manusia ”. 

Bappeda Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu lembaga teknis daerah yang bertugas dan bertanggungjawab terhadap penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah baik jangka panjang (RPJPD), menengah (RPJMD) dan jangka pendek (RKPD) yang sinergis, partisipatif dan akuntabel. Dokumen perencanaan pembangunan daerah ini akan digunakan sebgai pedoman/acuan seluruh Perangkat Daerah dalam penyusunan rencana strategis dan rencana kerja Perangkat Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas Bappeda akan berperan mendukung misi Bupati Banyuwangi yang diintisarikan sebagai berikut :

a. Mewujudkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya;

b. Mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis potensi sumberdaya alam dan kearifan lokal;

c. Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur fisik, ekonomi dan sosial;

d. Optimalisasi sumberdaya daerah berbasis pemberdayaan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;

e. Mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance) serta pelayanan publik yang berkualitas berbasis Teknologi Informasi.

Sedangkan tujuan yang akan di capai adalah sebagai berikut :

a. Mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang tepat dan akurat;

b. Meningkatkan ketersediaan informasi perencanaan pembangunan sektoral yang berkualitas.