Bertualang ke Kawah Ijen

 

03-02-2016 | Oleh : Bidang Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan

Kaldera Kawah Ijen di Banyuwangi, punya luas sekitar 54 hektar dan kedalaman sekitar 200 m. Ada kandungan air asam, yang membuat warna kawah menjadi toska. Panoramanya sanggup mencuri hati.
 
Kawah Ijen merupakan destinasi wisata di Indonesia yang namanya sudah terkenal di manca negara. Secara administratif Kawah Ijen masuk dalam wilayah kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Dibutuhkan waktu 6 jam dari kota Surabaya untuk sampai ke Paltuding yang merupakan area pemberhentian terakhir di mana kita dapat memarkir kendaraan.
 
Di Paltuding para pengunjung dapat melengkapi perlengkapan pendakian dan mengumpulkan informasi dari pengurus kawasan ini. Sebelum melakukan pendakian, para pengunjung harus lapor terlebih dahulu. Chek juga kondisi tubuh Anda sebelum melakukan pendakian, tubuh harus benar-benar dalam keadaan prima. Pendakian akan menempuh track sepanjang 3 km yang didominasi dengan kontur jalan yang mananjak.
 
Jalan yang akan dilalui juga merupakan kombinasi dari hutan dan tebing yang cukup curam. Meskipun cocok untuk pendaki pemula, namun tetap perlu diperhatikan faktor keselamatan dalam perjalanan. Perjalanan menuju Kawah Ijen biasanya dilakukan pada dini hari, sekitar pukul 2-3 malam untuk mendapatkan view sunrise dan blue fire.
 
Blue fire yang ada di kawah Ijen merupakan api biru yang langka, hanya ada dua jenis api ini di dunia. Untuk dapat melihat blue fire pengunjung harus turun kedalam kawah yang sekaligus merupakan tambang belerang.
 
Setelah melakukan pendakian yang memakan waktu kurang lebih 2-3 jam berjalan kaki, maka kita akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan Kawah Ijen. Kaldera Kawah Ijen memiliki luas sekitar 54 hektar dengan kedalaman sekitar 200 m yang terisi dengan kandungan air asam. Dengan ketinggian 2368 mdpl, suhu udara di sini cukup membuat kedinginan. Jaga suhu badan Anda dengan mempersiapkan jaket, sarung tangan maupun penutup kepala yang membuat anda tetap hangat.
(detiktravel/community)(rzl)