MenpanRB Beri Penghargaan SAKIP Banyuwangi Terbaik se Jatim

 

09-02-2016 | Oleh : Bidang Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan

Banyuwangi - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN-RB) RI menasbihkan penghargaan mentereng bagi Banyuwangi. Kota gandrung berhasil meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Banyuwangi tahun 2015 sebagai yang terbaik di Jawa Timur.
 
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Slamet Kariyono, mengatakan SAKIP Pemkab Banyuwangi tahun 2015 mendapat predikat B dengan nilai 65,41 alias terbaik di Jatim. Nilai tersebut jauh melampaui nilai rata-rata Jatim pada periode yang sama dinilai sebesar 53,21. Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri PAN-RB Yuddi Chrisnandi kepada Pj Bupati Zarkasi di Gedung Grahadi, Surabaya.
 
Menurutnya, kunci keberhasilan Banyuwangi meraih predikat memuaskan tersebut adalah komitmen pimpinan daerah yang sangat tinggi dan konsisten terhadap dokumen perencanaan sampai pertanggungjawaban pembangunan.
 
"Hal ini juga ditopang oleh kebersamaan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD)," kata dia.
 
Sementara saat memberikan arahan Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, menekankan poin penting yang menjadi pertimbangan penilaian, yakni komitmen dan inovasi yang dilakukan setiap kepala daerah.
 
"50 Persen scoring ditentukan oleh sejauh mana komitmen kepala daerah untuk melakukan perubahan tata kelola pemerintahan yang taat asas," cetusnya.
 
Selain Banyuwangi, ada sembilan kabupaten dan kota lain di antara 38 kabupaten/kota se-Jatim yang juga mendapat predikat B. Kabupaten dan kota tersebut antara lain, Sidoarjo, Kabupaten Tulungagung, Kota Malang, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pacitan, Kota Surabaya, dan Kabupaten Bojonegoro.
(fat/detiknews)(rzl)