International Tour De Banyuwangi Ijen 2016 Lintasi 600 Kilometer

 

17-02-2016 | Oleh : Bidang Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Gelaran International Tour De Banyuwangi Ijen yg mulai di selenggarakan pada 11-14 Mei 2016 direncakanan mulai menempuh jarak sejauh 600 kilometer dan mulai dibagi dalam empat etape.

Hal tersebut di sampaikan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, ketika dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2016).

Menurut dia, rute yg mulai dilalui bakal melintasi berbagai destinasi wisata, baik itu wisata pantai, perkebunan, city tour, hingga kaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yg terkenal di dunia dengan fenomena api biru.

“Kami bekerja sama dengan Kemeterian Pariwisata karena konsepnya adalah sport tourism. Saat ini, tim dari Kementerian juga berada di Banyuwangi buat bersinergi pada event yg mulai digelar pada Mei nanti,” kata Wawan.

Selain itu, menurut Wawan, perwakilan Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI), Mr. Jamaludin Mahmood, telah hadir di Banyuwangi buat meninjau lokasi yg dilalui peserta.  Dia nanti mulai menjadi Race Director ITdBI 2016 .

“Target kita agar pebalap dari lima benua di dunia mampu hadir di Banyuwangi. Saat ini sedang dikerjakan inventarisasi dan pendaftaran peserta,” tutur Wawan.

Harapannya, event olahraga ini mampu mendongkrak pengembangan pariwisata sport tourism yg selama ini dikembangkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“Kami berharap dapat menghadirkam wisatawan buat berkunjung bukan cuma sekadar menikmati wisata yg ada, tapi juga event olahraganyanya,” ucap Wawan.

International Tour de Banyuwangi Ijen adalah ajang balap sepeda yg telah masuk agenda rutin (calendar of event) UCI. Ajang ini masuk kategori 2.2 dan telah diselenggarakan sejak sejak 2012. 

ITdBI sudah mendapatkan peringkat ”excellent” dari UCI. Ini menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia. (rzl)