Jelang Nyepi, ASDP Ketapang Koordinasi dengan Polisi Banyuwangi dan Bali

 

04-03-2016 | Oleh : Bidang Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan

Banyuwangi - Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938, Rabu (9/3/2016) mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry, Ketapang-Gilimanuk menggelar koordinasi bersama dengan stakeholder terkait.
 
Rakor ini digelar untuk persiapan lonjakan arus penyeberangan dan penghentian pelayanan penyeberangan menjelang perayaan Nyepi. Termasuk juga kelancaran arus lalu lintas disekitar pelabuhan baik di Ketapang dan Gilimanuk Bali.
 
Hadir pula dalam rakor tersebut, Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama dan Kapolres Jembrana-Bali AKBP Jhoni Widodo.
 
Seperti biasa, saat pelaksanaan Nyepi, Pelabuhan ASDP tidak akan melayani penyeberangan baik dari Ketapang dan Gilimanuk Bali. Penutupan pelayanan penyebrangan dihentikan mulai tanggal Rabu (9/3/2016) hingga Kamis (10/3/2016).
 
"Pemberangkatan terakhir dari Ketapang, Selasa (8/3) pukul 23.00 Wib. Sementara pemberangkatan terakhir dari Gilimanuk Bali, Rabu (9/3) pukul 05.30 Wita," ujar General Manager ASDP Indonesia Ferry Ketapang, M Yusuf Hadi, kepada detikcom, Kamis (3/3/2016).
 
Pelayanan penyeberangan dibuka kembali, kata Yusuf, Kamis (10/3/2016). Dari pelabuhan ASDP Ketapang kapal perdana akan mengawali pelayanan akan diberangkatkan pukul 04.00 Wib. Sementara dari Gilimanuk akan disesuaikan dengan jadwal yang berlaku.
 
Sementara persiapan pengamanan juga dilakukan di masing-masing daerah penyangga penyeberangan, yakni Banyuwangi dan Jembrana. Kedua Polres ini menyediakan beberapa kantong parkir.
 
Untuk Jembrana, mengantisipasi lonjakan arus penyebrangan dari Bali ke Jawa menjelang Nyepi, polisi menyiapkan 2 kantong parkir besar di area pelabuhan.
 
"Kantong parkir yang kita sediakan di sekitar terminal dan area parkir pelabuhan. Persiapan pengamanan seminggu menjelang Nyepi," ujar Kapolres Jembrana, AKBP Jhony Widodo, kepada detikcom.
 
Untuk wilayah Banyuwangi, beberapa kantong parkir sudah disiapkan pasca perayaan Nyepi.
 
"Ada 4 kantong parkir yang kita sediakan. Mengantisipasi lonjakan arus pasca Nyepi. Kita harap semua berjalan lancar," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama.
(detiknews/fat)(rzl)