Terima Kunjungan Pejabat Sleman, Bupati Anas Pamerkan Informasi Berbasis IT

 

20-04-2016 | Oleh : Bidang Kesejahteraan Rakyat & Pemerintahan

Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Anwar Anas menerima kunjungan Bupati Sleman Sri Purnomo dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kunjungan ini dalam rangka studi banding soal pariwisata Banyuwangi yang dianggap sangat berkembang.

"Dalam rangka silaturahmi, kami melihat gregetnya promosi pariwisatanya luar biasa. Tadi bupati Anas juga mengatakan dengan pariwisata masyarakat lebih sejahtera, pola kehidupannya yang dulu mengandalkan eksploitasi lingkungan sekarang menjadi menjaga alam, saya komparasikan ide bagus Pak Bupati luar biasa," ujar Bupati Sleman Sri Purnomo di Lounge Kantor Kabupaten Banyuwangi, Jl Ahmad Yani, Banyuwangi, Selasa (19/4/2016).

Sri mengatakan kekagumannya kepada Bupati Anas yang mampu mengubah imej Banyuwangi. "Kalau dulu masyarakat yang mau ke Bali hanya mampir, sekarang menikmati bahkan singgah satu-dua hari. Ini yang akan kami explore," katanya.

Pertemuan itu digelar di ruangan Lounge Kantor Kabupaten. ruangan itu digunakan untuk warga dan tamu dari struktur jajaran di pemerintahan yang ingin bertemu dengan bupati.

"Jadi lounge ini digunakan untuk menemui, menyambut dan melayani warga masyarakat. Di sini bebas, kami menyediakan makanan ringan dan minuman. Di sini juga ada informasi pelayanan publik di desa-desa Banyuwangi," ujar Anas sambil menunjukkan layar monitor.

Kepala Seksi Teknologi Informasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Agustinus Suko menjelaskan bahwa di monitor yang ada di ruangan itu bisa digunakan untuk mengakses website resmi kabupaten Banyuwangi. Dia juga menunjukkan dokumentasi event pariwisata dan promosi kabupaten.

"Menampilkan informasi-informasi di Banyuwangi yang terbarukan ini kerja sama dengan teman-teman Humas. Ada data-data transparasi kabupaten Banyuwangi, Perencanaan dan anggaran. Kalau ini lokal wisdom website pariwisata untuk kelas streaming. Ini view pendopo  kabupaten, guest house kami. Kita dokumentasikan untuk para tamu," terang Agustinus.

Tak hanya itu Agustinus juga menunjukkan TV yang menampilkan informasi pariwisata dan kamera pengawas. "Ini TV, sama untuk info pariwisata, CCTV, bentuk real timenya," bebernya.

Dalam kunjungan ini Bupati Sri juga mengajak sejumlah pejabat, mulai dari staf ahli hingga kepala dinas. Pengusaha juga diajak.

(ams/try/detiknews)(rzl)