Balap Perahu Layar, BWI-Bali 14 Menit

 

15-08-2016 | Oleh : Sekretariat

KALIPURO – Masyarakat Kelurahan Bulusan dan Desa Ketapang melaksanakan lomba balap perahu antar nelayan di Pantai Bulusan, Minggu kemarin (14/8). Total ada 50 perahu layar yang mengikuti lomba. Tidak hanya diikuti nelayan Bulusan dan Ketapang, beberapa peserta dari Gilimanuk, Bali juga ikut memeriahkan Agustusan di  Pantai Bulusan, kemarin.

Pada lomba balap perahu layar kemarin, sebanyak 50 perahu layar beradu cepat untuk menjadi yang pertama. Karena yang perahu peserta banyak jumlahnya, maka panitia  membagi lomba menjadi beberapa babak. Pada babak awal penyisihan, sebanyak 25 perahu tercepat dipilih.

Kemudian selanjutnya 25 perahu sisanya diadu cepat untuk menjadi yang terbaik di babak final. Kondisi angin di selat Bali yang kencang kemarin membuat laju perahu lebih cepat dari biasanya. Angin lebih condong mengarah ke arah timur. Maka saat perahu bergerak dari Pantai Bulusan menuju Pantai Gilimanuk, waktu tempuh untuk satu perahu hanya sekitar 14 menit saja.

"Angin ke arah timur cepat saat perahu ke arah Bali waktunya hanya 14 menit. Tapi saat balik dari Gilimanuk ke Bulusan agak melemah kecepatannya karena melawan angin,"Kata Sujarno, Ketua Panitia Balapan Perahu. Jika biasanya dalam lomba balap perahu di Pantai Bulusan ini pemenangnya adalah nelayan lokal, namun kali ini untuk perahu tercepat disabet oleh nelayan asal Gilimanuk.

Pemenangnya adalah Pak Mat dengan perahunya yang diberi nama Angin. Waktu tempuh sang juara ini pulang pergi dari Pantai Bulusan - Gilimanuk kembali lagi ke Pantai Bulusan tercatat 30 menit. "Perahu tercepat waktunya 30 menit. Saat menyebrang ke Bali 14 menit, saat kembali ke Pantai Bulusan waktu tempuhnya 16 menit,"t andasnya.

(radar)(sidekick)(r_ta/15082016)