Gerak Jalan Tradisional Banyuwangi Berlangsung Meriah

 

29-08-2016 | Oleh : Sekretariat

BANYUWANGI – Gerak jalan tradisional Agustusan berlangsung penuh warna kemarin (27/8). Setiap regu peserta menampilkan kreativitas berbeda-beda. Tak ayal, even Agustusan itu menjadi suguhan spektakuler bagi publik Bumi Blambangan.

Ada tiga kategori pada gerak jalan tradisional itu. Yaitu tingkat sekolah dasar/madrasah ibtidaiah (SD/MI), tingkat SMP, dan tingkat SMA/umum. Start berbeda di berbagai titik. Kategori 8 Km diikuti pelajar  SD/MI se-Banyuwangi.

Untuk tingkat SD/MI titik start dari pertigaan GOR Tawang Alun melewati Jalan Gajah Mada, Jalan Brawijaya, Jalan Adi Sucipto, Jalan A.Yani dan Jalan Dr. Soetomo, Finish di Taman Blambangan. Sementara itu, untuk kategori tingkat SMP mengawali perjalanan dari Kantor Kecamatan Srono dan finish di pertigaan lampu merah Lincing, Kecamatan Rogojampi. Dan pada kategori umum kali ini, regu peserta menempuh jalur selatan dengan rute dari Kantor Kecamatan Gambiran menuju pertigaan lampu merah Lincing, Kecamatan Rogojampi.

Di kategori umum, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas melepas regu pertama pukul 16.00 sore kemarin. Turut hadir dalam momen tersebut Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko dan Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, Made Cahya Negara. Selain itu, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) juga turut hadir. Bupati Anas menuturkan, gerak jalan tradisional itu diharapkan bisa menjadi hiburan bagi masyarakat.

"Selama ini gerak jalan tradisional berjalan dengan lancar dan tertib, gerak jalan tradisional bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Beliau juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban di jalan raya.

"Semoga lancar sampai tujuan, semangat...merdeka....merdeka....merdeka!' teriak Anas. Sementara itu, setelah melepas beberapa regu, Bupati Anas bersama Forpimda membentuk barisan. Mereka berpartisipasi sebagai regu kehormatan. Momen itu juga sekaligus untuk menyapa masyarakat. (radar)(r_ta/29082016)