Jalur Lintas Selatan Banyuwangi 106 Km Segera Selesai, Keasrian Dipertahankan

 

11-10-2016 | Oleh : Sekretariat

BANYUWANGI  - Pemkab Banyuwangi tengah menggarap Jalur Lintas Selatan (JLS) yang nantinya akan menyambung ke Jember. Ruas JLS yang akan dibangun yakni sepanjang 106 kilometer dengan estimasi anggaran senilai Rp 394 miliar. 

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, terus mendorong percepatan pembangunan JLS. Meski demikian, pria yang akrab disapa Anas itu mengaku tidak akan mengubah konsep alam di sekitar jalan yang direncakanan sebagai lintas logistik antar kabupaten. 

"JLS ini kan tembus Jember, sehingga signifikan untuk pertumbuhan Banyuwangi wilayah selatan. Apalagi di ujung, akan dibuat kampung cokelat. Akhir Desember selesai," kata Anas. 

"Harapan saya lintas selatan dibangun tapi tetap tata ruangnya dipertahankan. Sehingga orang lewat JLS tetap sejuk hijau. Jangan sampai dikonversi dengan kawasan lain, nanti tidak ada bedanya," imbuhnya. 

Anas menyebut, saat ini pembangunan JLS masih kurang 14 kilometer lagi. Jika 14 kilometer ini diselesaikan, kata Anas, jalur itu akan menyambung dengan JLS Jember. 

"Kalau ini selesai, nyambung dengan Jember fungsinya adalah sistem logistik peti kemas yang selama ini enggak bisa jalan, untuk ekspor impor di sekitar Banyuwangi bisa masuk ke peti kemas," ujar Anas. 

Anas mengaku selama ini sistem logistik memang mengalami beberapa kendala. Salah satu faktor yakni kondisi geografis di Banyuwangi yang menyulitkan proses penyampaian logistik. 

"Peti kemas selama ini enggak bisa jalan meskipun ada pergub dari Jember ke Banyuwangi," ungkap Anas. 

Kepala Dinas PU Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono mengatakan proyek JLS terus dikebut pembangunannya. Dari 106 kilometer lahan, tersisa 7,50 kilometer yang belum dibebaskan untuk pembangunan. 

"Sementara untuk jembatan kita ada 16 buah. 7 jembatan sudah tertangani dan 9 masih belum tertangani," kata Mujiono.

Bupati Anas sempat mengajak ketua DPR Ade Komaridun (Akom) meninjau langsung pembangunan JLS itu. Akom merespons positif dan mengaku akan membantu proses pembangunan .

"Nanti kami minta Menteri PUPR untuk percepat dua proyek jalan itu," kata Akom saat berkunjung ke Banyuwangi, Minggu (9/10). 
(detik.com)(kst/try)(r_ta/11102016)