Pemkab Banyuwangi Siapkan Kereta Gantung di Kawah Ijen

 

14-10-2016 | Oleh : Sekretariat

Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi serius untuk mengembangkan Kawah Ijen demi mendatangkan banyak wisatawan. Salah satunya adalah membuat kereta gantung di sana.

Rencana proyek pembangunan ekowisata di Kawah Ijen, Banyuwangi mulai menemukan titik terang. Kawasan Wisata Gunung Ijen nantinya akan disulap untuk memudahkan sejumlah wisatawan yang ingin menikmati keindahan Blue Fire di kawah Ijen. 

"Hari ini kita sudah menyelesaikan sebuah pertemuan, dengan kesepakatan para pihak yang terkait dengan TWA(Taman Wisata Alam) kawah Ijen. Sesuai tahap waktu yang tadi kita sepakati, maka tahun depan ground breaking," kata Kepala Tim percepatan pengembangan kawasan wisata Ijen, David Makes usai melakukan pertemuan di Banyuwangi, Kamis (13/10/2016). 

"Kita mesti tahu bahwa proyek Ijen berlokasi di kawasan konservasi. Pengembangan proyek Ijen tidak bisa dilakukan seperti pengembangan kawasan lain. Harus melalui suatu proses yang menjamin keberlanjutan. Ini sesuai dengan moto kementerian pariwisata bahwa makin dilestarikan makin mensejahterakan," imbuhnya. 

David menjelaskan, pengembangan Ijen itu tetap harus memperhatikan aspek lain yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sekitar.

"Nah, dalam konteks ini maka tim percepatan pengembangan ecowisata nasional ada di Banyuwangi. Kita ingin membangun sekaligus mempercepat pembangunan TWA Ijen tanpa mengorbankan keberlanjutan twa Ijen," ujar David. 

Lanjut David, ada dua proyek yang akan dibangun di sekitar taman wisata Ijen. Termasuk pembangunan cable car yang langsung menuju Kawah Ijen.

"Ini ada satu sisi lain investasi, pembangunan sisi pertama tidak terlalu sulit dan dapat kita lakukan sesegera mungkin setelah persyaratan aspek legal selesai. Untuk cable car, menuju ke kawah perlu waktu. Karena cable car itu kunci utamanya adalah faktor keselamatan. Dan kita harapkan pembangunan ini tidak harus menunggu terlalu lama," papar David. 

Pertemuan itu juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Sejumlah stakeholder dari KLHK, Tim Kemenpar, Akademisi hingga pihak swasta juga ikut dalam pembahasan itu. 

Bupati Anas mengapresiasi langkah tim percepatan yang serius dalam mempercantik kawasan Ijen itu. Anas berharap pembangunan itu mampu menarik jumlah wisatawan yang datang ke Banyuwangi. 

"Pemerintah daerah, stakeholder pemangku kepentingan baik taman nasional, investor kemenpar dan pemkab sepakat mempercepat proses pembangunan destinasi Ijen. Karena Ijen dipandang perlu untuk mendongkrak jumlah wisata 20 juta yang diamanatkan Kemenpar," katanya. (aff/aff)(detik.com)