Anas Raih Social Media Award Ketiga

 

21-10-2016 | Oleh : Sekretariat

JAKARTA - Bupati Abdullah Azwar Anas kembali mendapat penghargaan prestisius. Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Banyuwangi ini meraih penghargaan Social Media Award pada Rabu malam (19/10). Penghargaan tersebut berhasil disabet Anas untuk kali ketiga selama tiga tahun berturut-turut.

Anas mendapatkan penghargaan ini lantaran dinilai sebagai kepala daerah yang menggunakan instrumen media sosial untuk pengembangan daerahnya. Banyuwangi memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana mempromosikan daerah dan menjaring aspirasi publik.

"Beberapa pengaduan warga mulai orang sakit yang belum tercover BPJS hingga kekerasan kepada anak ditangani via media sosial. Beberapa waktu lalu, misalnya ada anak dipukul helm sama orang tua tirinya, lalu ada tetangganya yang mention (menyebut) di Twitter saya, langsung didatangi untuk ditangani kekerasan itu," ujar Anas.

Saat ini media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dalam interaksi keseharian. Dengan kemampuannya membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas, media sosial menjadi tempat yang efektif untuk meningkatkan awareness publik terhadap Banyuwangi.

"Lewat Twitter , Facebook dan Instagram, orang dengan mudah membagi pengalamannya pada detik yang sama dengan orang yang jauh. Bebereapa tempat wisata kami jadi terkenal karena faktor media sosial," ujar Bupati Anas. Untuk mempromosikan potensi daerahnya, Pemkab Banyuwangi juga telah membuat situs belanja online yang menjual produk dan atau jasa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yakni www.banyuwangi-mall.com

"Situs belanja yang kami buat bersama salah satu bank nasional ini ditujukan agar produk UMKM kami bisa lebih mengglobal," cetusnya.

Penghargaan Social Media Award tersebut diberikan oleh salah satu majalah nasional yang menggandeng konsultan pemasaran Frontier dan lembaga riset media sosial Media Wave.

Penghargaan Socia Media Award ini diberikan kepada personal perusahaan dan brand baru yang paling banyak diperbincangkan secara positif di sosial media. Metodologi pemilihan pemenang Social Media Award ditentukan melalui social media study dengan menggunakan software dari Media Wave, sebuah Social Media Monitoring Platform.

Mention dari brand, personal atau perusahaan di media sosial kemudian dianalisis oleh Frontier dengan menggunakan Share of Voice Index sehingga di dapatkan nama-nama yang paling banyak mendapat atensi dan dimention oleh pengguna social media.

"Dari hasil itu, Bupati Banyuwangi  termasuk medapat sentimen positif yang paling banyak di social media," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Juang Pribadi. Pada tahun-tahun lalu penghargaan ini diberikan pula kepada pribadi seperti Joko Widodo, Mahfud MD Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Penghargaan juga diterima Anas. (radar)(r_ta/21102016)