Digoyang Intimnya Ijen Summer Jazz di Banyuwangi

 

24-10-2016 | Oleh : Sekretariat

Banyuwangi - Ijen Summer Jazz digelar untuk ketiga kalinya di Kabupaten Banyuwangi. dengan tema 'Jazz Intim dan Mesra di Alam Terbuka' itu, wisatawan dibuai lagu nostalgia.

Ijen summer jazz kembali menghentak di kabupaten berjuluk Sunrise of Java pada Sabtu (22/10/2016) malam. Panggung dibuka dengan penampilan dari seniman muda Banyuwangi yang tergabung dalam Lalare Orkestra.

"Ijen Summer Jazz menawarkan sebuah festival musik tanpa sekat antara penampil dan penonton. Keintiman dan interaksi langsung dapat terjalin mesra dengan kapasitas penonton sekitar 300 orang," kata pendiri Jazz gunung, Sigit Pramono di Banyuwangi.

Usai berjoget ria dengan penampilan seniman lokal, panggung mulai dihentakkan dengan penampilan gitaris papan atas Balawan. Dalam penampilannya, gitaris asal Bali yang terkenal dengan teknik memainkan gitar dengan 8 jari itu memboyong groupnya Balawan & Batuan Ethnic Fusion ke atas panggung.

Ratusan telinga wisatawan dimanjakan dengan musik dari setiap petikan gitar Balawan. Ditambah lagi, pemain drum yang melengkapi dentuman musik Jazz yang dikawal Balawan masih berusia 12 tahun. Penonton tampak antusias saat pembawa acara memperkenalkan Kanhaiya, drumer cilik yang punya permainan apik itu.

Pegelaran ini kemudian dilanjutkan dengan penampilan Shadow Puppets. Penonton kemudian diajak bernostalgia lewat tembang-tembang lawas yang dibawakan Shaadow Puppets berduet dengan penyanyi legendaris Harvey Malaihollo.

Harvey sendiri mengaku bangga saat dirinya diajak bergabung untuk menghibur penikmat jazz bersama Sahdow Puppets. Dalam penampilan selama 2 jam itu, Harvey dan Shadow Puppets membawakan sejumlah tembang lawas yang mereka rangkum dalam album berjudul 'Indonesia Songbook'.

"Indonesia Songbook adalah album yang menghadirkan lagu-lagu mahakarya abadi Indonesia yang diciptakan tahun 50-an. Yang sebenarnya sudah sangat kaya dalam komposisinya," kata Harvey di tengah penampilannya.

Sejumlah lagu yang dibalut suara khas Harvey sukses membius penonton yang memadati panggung terbuka Jiwa Jawa Resort Ijen itu. Beberapa lagu yang sempat dinyanyikan diantaranya Nurlela ciptaan Bing Slamet, Siapa Namanya ciptaan Ismail Marzuki dan Bujang Dara dari Sam Saimun.

Meski demikian, penonton tampak tak puas bila Harvey tak membawakan tembang hits miliknya. Setelah berkali-kali meneriakkan judul lagu Dia, kerinduan penonton akhirnya terpuaskan saat Harvey membawakan lagu itu dengan apik. (fay/fay)(detikc.om)(r_ta/24102016)