Penasaran Dengan Kepemimpinan Bupati Anas, Dubes Korea Selatan Kunjungi Banyuwangi

 

18-11-2016 | Oleh : Sekretariat

BANYUWANGI -  Setelah Konsulat Jendral (konjen) Amerika di Surabaya Heather C Variava  berkunjung ke Banyuwangi kali ini giliran Duta Besar Korea Selatan Cho Tai Yung yang datang ke Kabupaten The Sunrise of Java. Dalam kunjungannya ini Cho Tai Yung mengaku penasaran dengan kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, hingga membawa Banyuwangi tersohor dengan berbagai kemajuannya.

Saat tiba di Kantor Pemkab Banyuwangi, Dubes Cho Tai Yung disambut oleh Bupati Anas di Lounge Pelayanan Publik, ruang untuk menyambut tamu milik Pemkab yang boleh dikunjungi oleh siapa saja. Disini, Dubes Cho Thai- Young menyaksikan dari layar sentuh tentang berbagai layanan publik yang dimiliki oleh Banyuwangi, mulai program pembangunan hingga transparansi anggaran daerah. Cho Tai Yung juga bisa melihat berbagai even Banyuwangi Festival yang digelar oleh Banyuwangi dalam satu tahun.

" Ini luar biasa. Ternyata kemajuan Banyuwangi bukan isapan jempol belaka. Baru melihat tempat ini saja sudah begini luar biasa. Ini berkat pemimpinnya yang luar biasa pula," ujar Dubes Cho Tai-Young sambil melirik Bupati Anas.

Dengan hangat, Dubes Cho Tai-Young juga menyampaikan rasa hormatnya atas keberhasilan Bupati Anas dalam membangun Banyuwangi. " Saya  punya sebutan khusus untuk Bupati Anas. The Mother of Benchmarking (pusat dari segala jujugan belajar)," ujar Cho Tai-Young yang sudah tinggal di Indonesia selama 2 tahun itu.

Cho Tai Yung pun mengemukakan alasannya memberikan julukan tersebut pada Bupati Anas. Dia bercerita jika  pertama kali bertemu Bupati Anas pada sebuah seminar di Jakarta yang digagas oleh Foreign Policy Indonesian Community (FPIC). Dalam acara itu Anas mendapat penghargaan sebagai pejuang reformasi atas perubahan yang berhasil dilakukannya untuk Banyuwangi. “Nah, dari situ saya penasaran, sejauh apa sih yang dilakukannya. Makanya saya datang kemari untuk membuktikannya. Dan semua memang terbukti," beber Cho Tai-Young.

Dubes yang telah hafal 3000 kata bahasa Indonesai itu  juga mengaku terpesona dengan jalanan Banyuwangi yang bersih. Pemandangan ini, jarang dia lihat di kota-kota lainnya yang pernah dia datangi. “Saya senang disini jalan-jalan sangat bersih,” cetusnya.

Cho Tai-Young mengatakan, semua negara dan semua tempat selalu berubah untuk masa depan yang lebih baik. Termasuk apa yang dilakukan oleh Banyuwangi. Mau tidak mau, ujar Cho Tai -Young, semua harus siap menerima perubahan itu. . " Saya ini fans berat Indonesia. Kedatangan saya ke Banyuwangi, menambah deretan kekaguman saya akan Indonesia,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ini, Dubes Cho Tai-Young juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke sejumlah tempat, seperti Solong Beach Resort, pendopo kabupaten dan Sanggar Genjah Arum Kemiren. Besok Dubes ChoTai-Young juga dijadwalkan menjadi keynote speaker di Politeknik Banyuwangi (Poliwangi). (HumasPemkabBwi)