Lima Ribu Anak TK Ikut Meriahkan Perayaan HUTke 245 Banyuwangi

 

01-12-2016 | Oleh : Sekretariat

Banyuwangi - Menyambut Hari Jadi ke 245 Kabupaten Banyuwangi, pada 18 Desember mendatang sebanyak 5.000 anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) menari bersama di Taman Blambangan, Rabu (30/11/2016).

Mereka menarikan Gebyar Tari Capung. Tarian kreasi anak ini ditampilkan dengan sangat apik dan menggemaskan. Meski hafal dengan gerakannya, anak-anak ini tetap dipandu oleh sang guru. Tak jarang, meski temannya menari, beberapa anak malah berlarian di tengah barisan.

"Kegiatan ini kita gelar untuk menunjukkan bahwa Banyuwangi ini sebagai kota layak anak. 5.000 anak ini dari 24 kecamatan di Banyuwangi," ujar Ketua Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Banyuwangi, Tri Puji Lestari.

Menurut Tri, persiapan tari massal ini dilakukan selama 3 bulan. Sebelumnya, perwakilan yang merupakan guru TK dari masing-masing kecamatan berlatih tarian ini. Selanjutnya mereka kemudian melatih anak didiknya di TK-TK yang di tunjuk.

"Kami batasi. Kalau tidak malah tidak cukup tempatnya," pungkas Tri.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengaku takjub dengan pertunjukan yang disuguhkan oleh anak TK se-Banyuwangi ini. Banyuwangi, kata Anas, sangat layak menjadi kota yang ramah anak.

"Kita tak hanya melindungi anak-anak, tapi kita juga memikirkan masa depan anak Banyuwangi. Oleh karena itu kita berharap tidak ada lagi kekerasan terhadap anak. Anak sebagai penerus kita wajib kita didik yang baik," ujarnya.
(bdh/bdh)(detik.com)