Tugas Pokok dan Fungsi

Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi BAPPEDA

Struktur, Tugas Pokok dan Fungsi Bappeda

Struktur Organisasi Bappeda  Kabupaten Banyuwangi sebagaimana terlampir.

 Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2011 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Banyuwangi, BAPPEDA  mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah.

 Berkaitan dengan tugas pokok tersebut, BAPPEDA mempunyai fungsi, yakni :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang perencanaan pembangunan daerah;
  2. Pengkoordinasian penyusunan perencanaan pembangunan daerah;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan pembangunan daerah;
  4. Pemantauan dan Pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah.

 Susunan organisasi dan masing-masing bidang tugasnya, adalah sebagai berikut :

1.    Kepala BAPPEDA, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana pembangunan daerah yang meliputi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Jangka Pendek Daerah.
  2. Melaksanakan koordinasi  sinkronisasi  dan integrasi perencanaan pembangunan daerah dengan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten serta instansi-instansi vertikal di Kabupaten;
  3. Menyusun rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah bersama-sama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah;
  4. Mengembangkan pelaksanaan rencana pembangunan di daerah untuk penyempurnaan lebih lanjut;
  5. Mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan daerah;
  6. Memonitor serta mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan agar sasaran dapat dicapai sesuai dengan program kerja dan ketentuan yang berlaku;
  7. Menilai prestasi bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  9. Menyampaikan laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan dibidang tugas dan fungsinya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 2. Sekretaris BAPPEDA mempunyai tugas :

  1. Mengkoordinasikan penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu;
  2. Menyusun rencana sekretariat berdasarkan rencana kerja badan;
  3. Menyelenggarakan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi badan;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan badan;
  5. Menyelenggarakan hubungan kerja di bidang administrasi dengan satuan kerja perangkat daerah terkait;
  6. Mengkordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pertimbangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang dberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

        Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris dibantu:

 2.1.    Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana sub bagian umum dan kepegawaian sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Melaksanakan pelayanan administrasi umum, urusan dalam, urusan surat-menyurat, ketatalaksanaan dan kepegawaian;
  3. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  4. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  5. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugasnya; dan
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 2.2.    Kepala Sub Bagian Keuangan dan Perlengkapan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana sub bagian keuangan dan perlengkapan sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Melaksanakan pengelolaan, pemgadministrasian dan pembukuan keuangan badan;
  3. Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan badan;
  4. Menyusun rencana kebutuhan dan mendistribusikan barang perlengkapan;
  5. Menyiapkan bahan untuk penghapusan barang serta melakukan inventarisasi barang yang dikelola maupun dikuasai badan;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugasnya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 2.3.    Kepala Sub Bagian Penyusunan Program, mempunyai tugas

  1. Menyusun rencana sub bagian penyusunan program sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Menghimpun bahan dalam rangka perencanaan program, kegiatan dan anggaran badan;
  3. Menyusun dan menyampaikan laporan kegiatan badan;
  4. Mengkoordinasikan penyusunan Renstra dan Renja Badan;
  5. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  6. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugasnya; dan
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 3.      Kepala Bidang Data dan Pengendalian Pembangunan, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan dan melaksanakan koordinasi dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah, jangka menengah daerah dan jangka panjang daerah;
  2. Menyusun rencana Bidang Data dan Pengendalian Pembangunan sesuai dengan rencana kerja badan;
  3. Melaksanakan pengumpulan dan penyusunan data serta potensi hasil pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan dan berbagai potensi;
  4. Melaksanakan penyusunan statistik dan mendokumentasikan tentang hasil pelaksanaan pembangunan di daerah;
  5. Melaksanakan analisis dan evaluasi/penilaian data atas hasil pelaksanaan pembangunan;
  6. Menyiapkan bahan laporan hasil pelaksanaan pembangunan daerah;
  7. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan kegiatan penelitian untuk pembangunan daerah;
  8. Melaksanakan penelitian, pengembangan, koordinasi, evaluasi dan sosialisasi serta mempublikasikan hasil penelitian bidang ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan hidup, fisik dan prasarana serta kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  9. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  10. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Penelitian dan Statistik dibantu :

 3.1.    Kepala Sub Bidang Data, Penelitian dan Pelaporan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Data, Penelitian dan Pelaporan sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyusun dan menyiapkan bahan penelitian, data dan statistik sesuai dengan rencana pembangunan daerah;
  3. Menyusun dan menyiapkan data statistik hasil pelaksanaan pembangunan daerah;
  4. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan hidup, fisik dan prasarana serta kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  5. Menyusun dan melaksanakan dokumentasi data dan statistik hasil-hasil pembangunan daerah;
  6. Menyusun dan mengambangkan visualisasi data dan statistik pembangunan daerah;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan penelitian bidang ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan hidup, fisik dan prasarana, serta kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  8. Melaksanakan sosialisasi dan publikasi kegiatan penelitian data dan statistik, bidang ekonomi, sumber daya alam dan lingkungan hidup, fisik dan prasarana, serta kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  9. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  10. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  12. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 3.2.    Kepala Sub Bagian Pengendalian Pembangunan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana sub bidang Pengendalian Pembangunan sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Menyiapkan bahan untuk penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek;
  3. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  4. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  5. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

4.  Kepala Bidang Ekonomi, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bidang Ekonomi sesuai dengan Rencana Kerja Badan;
  2. Melakukan inventarisasi permasalahan di bidang ekonomi serta merumuskan langkah-langkah kebijaksanaan pemecahan masalahanya;
  3. Menyusun kajian kebijakan pembangunan daerah di bidang ekonomi;
  4. Menyusun, mengkoordinasikan dan memadukan rencana pembangunan daerah di bidang ekonomi;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pembangunan daerah di bidang ekonomi;
  6. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Bidang Ekonomi dibantu:

 4.1     Kepala Sub Bidang Kerjasama Ekonomi dan Investasi, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencan Sub Bidang Kerjasama Ekonomi dan Investasi sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program kerjasama ekonomi dan urusan penanaman modal;
  3. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan kerjasama ekonomi dan urusan penanaman modal;
  4. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas rencana program kerjasama ekonomi dan urusan penanaman modal;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup kerjasama ekonomi dalam upaya pengembangan dunia usaha dan penanaman modal;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 4.2.    Kepala Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Perindag, Koperasi dan UMKM sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup urusan koperasi, usaha mikro, kecil menengah, perindustrian dan perdagangan;
  3. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup urusan koperasi, usaha mikro, kecil menengah, perindustrian dan perdagangan;
  4. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup urusan koperasi, usaha mikro, kecil menengah, perindustrian dan perdagangan;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan urusan koperasi, usaha mikro, kecil menengah, perindustrian dan perdagangan;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 5.   Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Melakukan inventarisasi permasalahan di Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sesuai dengan rencana kerja Badan;
  3. Menyusun kajian kebijakan pembangunan daerah di Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sesuai dengan rencana kerja Badan;
  4. Menyusun, mengkoordinasikan dan memadukan rencana pembangunan daerah di Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sesuai dengan rencana kerja Badan;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan di Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup sesuai dengan rencana kerja Badan;
  6. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai bidang tugasnya;
  7. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

5.1   Kepala Sub Bidang Pertanian dan Pariwisata, mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Pertanian dan Pariwisata sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup urusan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan serta pariwisata;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup urusan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan serta pariwisata;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup urusan pertanian, kehutanan, perikanan dan kelautan serta pariwisata;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan integrasi;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 5.2.    Kepala Sub Bidang Energi, Sumber Daya Mineral dan Lingkungan Hidup, mempunyai tugas :

  1. Menyusun sub bidang energi, sumber daya mineral dan lingkungan hidup sesuai dengan rencana kerja badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup energi, sumber daya mineral dan lingkungan hidup;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup energi, sumber daya mineral dan lingkungan hidup;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup energi, sumber daya mineral dan lingkungan hidup;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pernsinergian rencana program pembangunan lingkup energi, sumber daya mineral dan lingkungan hidup;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

6. Kepala Bidang Fisik dan Prasarana, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bidang Fisik dan Prasarana sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Melakukan inventarisasi permasalahan di Bidang Fisik dan Prasarana serta merumuskan langkah-langkah kebijakan pemecahan masalahnya;
  3. Menyusun kajian kebijakan pembangunan daerah di bidang fisik dan prasarana;
  4. Menyusun, mengkoordinasikan dan memadukan rencana pembangunan daerah di bidang fisik dan prasarana;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan di bidang fisik dan prasarana;
  6. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 6.1.    Kepala Sub Bidang Pekerjaan Umum, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Pekerjanaan Umum sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup pekerjaan umum;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup urusan pekerjaan umum;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup urusan pekerjaan umum;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan lingkup urusan pekerjaan umum;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 6.2.    Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Perhubungan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bidang tata ruang dan perhubungan sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup tata ruang dan pengembangan wilayah;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup urusan penataan ruang, perumahan, perhubungan, komunikasi dan informatikan;;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup urusan penataan ruang, perumahan, perhubungan, komunikasi dan informatika;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan lingkup urusan penataan ruang, perumahan, perhubungan, komunikasi dan informatika;
  6. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan urusan penataan ruang, perumahan, perhubungan, komunikasi dan informatika;
  7. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 7.    Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Melakukan inventarisasi permasalahan di Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan serta merumuskan langkah-langkah kebijakan pemecahan masalahnya;
  3. Menyusun kajian kebijakan pembangunan daerah di bidang kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  4. Menyusun, mengkoordinasikan dan memadukan rencana pembangunan daerah di bidang kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan bidang kesejahteraan rakyat dan pemerintahan;
  6. Memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 7.1.   Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Kesehatan, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Pendidikan dan Kesehatan sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan meliputi urusan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, pemuda dan olah raga, kearsipan dan perpustakaan;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan meliputi urusan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, pemuda dan olah raga, kearsipan dan perpustakaan;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan meliputi urusan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, pemuda dan olah raga, kearsipan dan perpustakaan;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan meliputi urusan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, keluarga berencana dan keluarga sejahtera, pemuda dan olah raga, kearsipan dan perpustakaan;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

 

7.2.  Kepala Sub Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya, mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya sesuai dengan rencana kerja Badan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan kajian kebijakan lingkup urusan pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, kesatuan bangsa politik dalam negeri, pemerintah umum, pemberdayaan masyarakat dan desa, transmigrasi, pemerintahan dan upaya penanggulangan kemiskinan;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan lingkup urusan pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, kesatuan bangsa politik dalam negeri, pemerintah umum, pemberdayaan masyarakat dan desa, transmigrasi, pemerintahan dan upaya penanggulangan kemiskinan;
  4. Menyiapkan bahan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup urusan pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, kesatuan bangsa politik dalam negeri, pemerintah umum, pemberdayaan masyarakat dan desa, transmigrasi, pemerintahan dan upaya penanggulangan kemiskinan;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan pensinergian rencana program pembangunan lingkup urusan pertanahan, kependudukan dan catatan sipil, sosial, tenaga kerja, kebudayaan, kesatuan bangsa politik dalam negeri, pemerintah umum, pemberdayaan masyarakat dan desa, transmigrasi, pemerintahan dan upaya penanggulangan kemiskinan;
  6. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung;
  7. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya; dan
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

  8.    Kelompok Jabatan Fungsional, mempunyai tugas : melaksanakan sebagian tugas badan sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.