Bagikan:

Cemaskan Masa Depan PertanianYESS Garap Petani Millenial di Kabupaten BANYUWANGI

Banyuwangi ekonomi.

Regenerasi petani memang menjadi isu menarik di pertanian, setidaknya hal ini sudah mulai nampak pada hasil sensus Pertanian tahun 2013, bahwa 84 % petani di Indonesia adalah berusia lanjut. Inilah salah satu yang melatarbelakangi program Youth Entrrepreunership and Employment Support Services (YESS). Artinya pertanian mulai kurang diminati oleh kaum millenial, padahal sektor inilah yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan bahan pangan.

Banyuwangi memiliki potensi pertanian tanaman pangan, hortikultura yang cukup besar, dengan pasar yang relatif tidak terlalu sulit, banyuwangi sebagai daerah wisata berdekatan dengan Bali yang  memang menjadi daerah wisata. Potensi ini harus tetap dijaga kelestarian dan pangsa pasarnya, bahkan harus ditingkatkan.

Dipimpin Dr. Acep Hariri, S.S.T, M.Si. dari Politeknik Pembangunan Pertanian Malang dan tim yang terdiri dari Moh. Amar, S.Pd., M.Pd., Dimas Adi, S.Tr.Pt.  melaksanakan koordinasi awal PPIU dalam rangka ekspansi wilayah Program YESS PPIU Jawa Timur di Kabupaten Banyuwangi.

“Kami menyambut baik program ini, dan berharap dapat disinergikan dengan program lain yang sudah ada di Kabupaten Banyuwangi, seperti Jagoan Tani, WENAK, Peti Koin Bermantra, dan disesuaikan dengan kondisi”, Tukas Kabid Ekonomi Bappeda, drh. Lukman Hadi.

Program YESS ini sudah dilaksanakan di 4 (empat) Kabupaten di Jawa Timur yakni Malang, Pasuruan, Tulungagung, dan Pacitan. “Kali ini kami akan mencoba mengidentifikasi Kabupaten Banyuwangi sebagai calon lokasi Program YESS Tahun 2024, , semoga semua pihak dapat bersinergi dan mendukung program ini”, Jelas Dr. Acep dalam paparan di Ruang Rapat Pangripta Lantai 1 Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Selaras dengan latar belakang Program YESS, sasaran program ini adalah pemuda (laki-laki dan perempuan) yang berusia antara 17 hingga 39 tahun, memiliki usaha, dan atau berminat melakukan usaha di sektor pertanian. Selanjutnya akan dilakukan pelatihan dan pendampingan hingga titik tertentu,  agar usaha, yang digelutinya dapat berkembang.

Saat ini sudah ada lebih dari 30.000 penerima manfaat (PM) program Yess selama tahun 2021-2022 di Jawa Timur. Semoga program ini dapat membawa kaum millenial untuk menjadi petani millenial baik dari hulu maupun hilir.(Mz2-ek).

_________