Banyuwangi Batik Festival Bertema Paras Gempal

Banyuwangi - Banyuwangi Batik Festival 2015 akan akan mengangkat motif Paras Gempal sebagai tema utama, Sabtu (10/10/2015). Paras Gempal adalah salah satu dari 44 motif batik yang dimiliki oleh Banyuwangi.

Setiap motif batik Banyuwangi memiliki filosofi yang tinggi. Paras adalah batu cadas dan gempal artinya runtuh. Jika disatukan "aras Gempal bermakna kerukunan terhadap sesama. Sebelumnya BBF telah mengangkat tema motif batik Gajah Uling dan Kangkung Setingkes.
Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, BBF ini merupakan wujud komitmen pemerintah dan masyarakat Banyuwangi dalam menumbuhkembangkan kekayaan budaya lokal, khususnya batik. "Event ini juga sebagai ikhtiar Banyuwangi dalam mempromosikan batik lokal ke khalayak luas," katanya.

Anas mengingatkan, batik kini bukan lagi fesyen yang ketinggalan zaman. "Batik tidak lagi dianggap bagian dari gaya lawas, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini dan menjadi tren," katanya.

Tren ini harus dijawab dengan keseriusan semua elemen untuk mendorong pengembangan batik, baik dari sisi desain, kemasan event, maupun aspek ekonominya.

Melalui BBF, pemerintah ingin memberikan kesempatan bagi para pelaku industri batik daerah untuk mendapatkan inspirasi baru dalam mengembangkan batik daerah. "Ajang ini juga menjadi media yang strategis bagi para pengusaha batik untuk bertemu dengan pasar batik yang lebih luas," kata Anas.

"Kami ingin pengrajin batik lokal mendapatkan pengalaman yang menginspirasi dan bisa membawa batik Banyuwangi naik ke level yang lebih tinggi," kata Anas.

Apalagi Februari 2015 lalu Batik Banyuwangi telah hadir di ajang peragaan busana prestisius, Indonesia Fashion Week. "Semua upaya kami ini ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan bagi pelaku industri batik itu sendiri," kata Anas.

Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri Diva Pop Indonesia Krisdayanti akan menjadi peragawati dalam Festival Batik Banyuwangi, Sabtu (10/10/2015).

"KD juga akan memamerkan suaranya dengan duet bareng Danang KDI," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan Hary Cahyo Purnomo.

Desainer batik nasional Pricilla Saputro dan Irma Lumiga kembali hadir. "Mereka berdua akan memberikan inspirasi dengan menjadi juri pada lomba desain batik," kata Hary. Keduanya juga merancang busana batik Banyuwangi yang akan diperagakan di atas catwalk BBF 2015.

(beritajatim_Wir/kun)(rzl)

  • BAGIKAN :