Focus Group Discussion (FGD) membahas Laporan Pendahuluan Kegiatan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran

          Bertempat di Ruang Rapat Pangripta II BAPPEDA Kabupaten Banyuwanngi, hari Rabu, 20 Mei 2015 diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran.  Hadir dalam forum tersebut adalah SKPD terkait seperti Dinas PU Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas PU Pengairan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Badan Lingkungan Hidup, Bagian Pembangunan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan, Dinas Peternakan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, PDM, Bidang Ekonomi BAPPEDA, Bidang SDA dan LH BAPPEDA, Bidang Data BAPPEDA, Kecamatan Kabat, dan Kecamatan Gambiran.

          FGD ini dibuka oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana BAPPEDA Kabupaten Banyuwangi Bapak Edi Purnomo, ST, MM. Sedangkan narasumber dan Konsultan yaitu Universitas Brawijaya diwakili oleh Bapak Ir. Agus Dwi Wicaksono, Lic, Rer, Reg dan Bapak Dimas Wisnu Adrianto, ST, MT.

          FGD yang dilakukan ini merupakan FGD Pendahuluan sehingga nantinya akan diadakan lagi FGD-FGD yang lainnya setelah dilakukannya kegiatan survey lapangan, analisis data dan hasil akhir.  Maksud dari FGD Laporan Pendahuluan ini adalah dalam rangka mendiskusikan langkah-langkah dan rencana kerja yang akan dilaksanakan oleh konsultan termasuk juga ruang lingkup sebelum dimulainya kegiatan. Dengan tujuan agar rencana kerja, ruang lingkup serta materi yang akan dikerjakan  dalam survey dan penelitian untuk penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran menjadi lebih komprehensif. Dalam forum diskusi ini sangat dibutuhkan adanya saran dan masukan dari seluruh audien. Adapun waktu penyelesaian kegiatan ini sampai kepada Laporan Akhir adalah 90 hari kalender dan hasil akhirnya selain berupa dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran.

          Dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran ini memiliki fungsi yang sangat penting karena nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam penataan ruang di Kecamatan Kabat dan Kecamatan Gambiran. Jika penataan ruang baik maka pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya di daerah tersebut juga akan baik. (vian_28052015)

 

 

  • BAGIKAN :