Gandrung Sewu Banyuwangi Dipilih Jokowi untuk Meriahkan Ultah Korpri

Banyuwangi - Semarak Gandrung Sewu Banyuwangi akan meramaikan kegiatan HUT Korpri di Surabaya, Senin (30/11/2015) mendatang. Kesenian yang masuk dalam Banyuwangi Festival ini akan ditampilkan di lapangan Makodam V Brawijaya.
 
"Gandrung Sewu dipilih sendiri oleh presiden Jokowi untuk tampil di acara ini. Kita persiapkan 1000 penari untuk menghibur acara hari Korpri," ujar Bambang Wahyudi, Sekretaris Korpri Banyuwangi, kepada detikcom, Selasa (24/11/2015).
 
Gandrung Sewu, kata Bambang, akan ditampilkan dalam pra acara upacara hari Korpri. Nantinya Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara dikegiatan puncak hari Korpri.
 
" Kita latihan kembali di Stadion Diponegoro. Total sekitar 1.000 orang yang akan terlibat," tambahnya.
 
Dalam pementasan kolosal ini, tambah Bambang, Gandrung Sewu akan menampilkan tarian dan fragmen dengan tema bekerja membangun bangsa.
 
Tari gandrung identik dengan rasa syukur yang dilakukan oleh warga Banyuwangi, yang berbasis agraris, selalu menanggap gandrung jika musim panen tiba. Cikal bakal gandrung, yakni tradisi ritual seblang, juga akan ditampilkan dalam fragmen dan tarian Gandrung Sewu.
 
"Ini menyimbolkan kegiatan warga agraris Banyuwangi yang rajin bekerja sebagai petani. Mereka panen dan menanggap gandrung. Sesuai dengan program Nawacita yang digaungkan presiden," pungkasnya.
(detiknews/fat)(rzl)

  • BAGIKAN :