Kabupaten Sehat 2015, siap Diverifikasi.

Tahapan Kabupaten Banyuwangi dalam mendukung Kabupaten Banyuwangi Sehat antara lain sudah melakukan pembentukan tim pembina Kabupaten Sehat, Forum Banyuwangi Sehat dan pembentukan Forkom di 14 kecamatan serta Pokja desa/kelurahan.

 

Banyuwangi - Bertempat di Ruang Rapat Minakjinggo Setda Kabupaten Banyuwangi Rabu tanggal 12 Agustus 2015 , diselenggarakan Rapat Persiapan Verifikasi Lapangan Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015. Kegiatan ini dihadiri oleh tim pembina teknis kabupaten sehat, Camat, forum komunikasi kecamatan sehat, dan Kepala Puskesmas lokasi kecamatan sehat sebanyak 14 kecamatan. Forum dibuka oleh Kepala Bappeda Kab. Banyuwangi, Drs. H, Agus Siswanto, MM., selaku ketua tim pembina teknis kabupaten sehat, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Widji Lestariono dan Ketua Forum Banyuwangi Sehat, Slamet Sumarto, ST.   

Kabupaten Sehat adalah untuk menciptakan kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk bertempat tinggal dan bekerja bagi warganya. Pada penilaian kali ini Kabupaten Banyuwangi memilih 2  tatanan yaitu, kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat, dan tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Verifikasi penilaian Kabupaten/Kota Sehat dilakukan 2 (dua) kali yaitu verifikasi dokumen yang sudah dilaksanakan pada bulan April 2015 dan verifikasi lapangan di Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 19 – 20 Agustus 2015.

Tahapan Kabupaten Banyuwangi dalam mendukung Kabupaten Banyuwangi Sehat antara lain sudah melakukan pembentukan tim pembina Kabupaten Sehat, Forum Banyuwangi Sehat dan pembentukan Forkom di 14 kecamatan serta Pokja desa/kelurahan. Integrasi inovasi dalam dukungan program kegiatan Kabupaten Banyuwangi Sehat yang bisa diajukan antara lain : HARGA PAS, ANAK TOKCER, SAKINA, Sedekah Oksigen, Banyuwangi Hijau dan Bersih, Desa Siaga, Bank Sampah dan Sekolah Adiwiyata.  Inovasi-inovasi tersebut merupakan program yang dapat mendukung terciptanya suatu kawasan yang bersih, nyaman, aman dan sehat sehingga diharapkan tetap dapat dilakukan secara berkelanjutan. Variabel yang perlu diperhatikan dalam persiapan penilaian Kabupaten Sehat antara lain dukungan Pemda, aktifitas tim Pembina Kabupaten Sehat, aktifitas Forum Banyuwangi Sehat, prestasi 2 (dua) tahun terakhir, pelibatan masyarakat serta administrasi kesekretariatan Banyuwangi sehat. (nrt-ksrbappeda)

  • BAGIKAN :