Keren, Menikmati Jazz di Pinggir Pantai di Banyuwangi

Banyuwangi - Gelaran Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) 2015 atau yang biasa dikenal Jazz pantai, Sabtu (12/9/2015), berlangsung meriah. Sederet penyanyi papan atas, seperti Sheila Malsiana, Citra Scholastika, Once Mekel, Marcel Siahaan dan Vina Panduwinata berhasil membawa pecinta jazz yang hadir, bergoyang dan bernyanyi bersama.

Jazz pantai yang digelar kali ketiga ini, sukses membius ribuan penontonnya. Para penggemar jazz tersebut dibawa larut dalam aneka suasana. Dari suasana ceria yang dibawakan Citra Scolastika, rasa galau yang dibawa Marcell Siahaan, hingga era 80's yang diusung Vina Panduwinata.
 



Diawali Sheila yang berhasil menggebrak penonton dengan lagu asli Banyuwangi, Rehana. Lagu Using, suku asli Banyuwangi tersebut dinyanyikan dengan aransemen jazz. Keren!

Setelah lagu Using, Shena pun berturut membawakan 8 lagu. Mulai Creep, Bukan Bang Thoyib, hingga Cinta ciptaan Titik Puspa.

Setelahnya, Marcel Siahaan pun giliran menghadirkan suasana galau. Suara emas Marcel ini bahkan sempat membuat terpukau anggota Satpol PP perempuan. Saat didaulat membawakan bareng lagu Firasat, empat Satpol cantik tersebut bukannya ikut bernyanyi, namun malah lebih banyak terpukau dengan suara Marcell.

Meski baru kali pertama di Banyuwangi, Marcell langsung suka dengan daerah yang kini sedang giat membangun itu. "Aku bangga bisa ikut andil menyukseskan pembangunan wilayah. Keren, mudah-mudahan Banyuwangi bisa jadi contoh daerah lain," kata pelantun lagu "Semusim" ini.

Sementara itu, pelantun Galau Galau Galau, Citra Scholastika giliran membawa suasana ceria. Dengan gaya centilnya, jawara Indonesian Idol tersebut berhasil mengajak penonton turut berjoget mengiringi lagunya. Mulai dari lagu Aku Pasti Bisa, Do Re Mi, hingga Everybody Knew.

Larutnya malam ternyata tidak membuat penonton beranjak menikmati dinginnya angin laut yang berhembus. Penampilan Once yang dimulai pukul 23.00 justru membuat penonton semakin panas mengikuti syair-syair lagu yang dibawakan Once. Malam itu Once membawakan lagu antara lain Anggun, Cemburu, Dealova, dan dipungkasi lagu Separuh Nafas.
 



Jazz yang digelar dengan latar belakang Selat Bali tersebut dipungkasi penampilan Sang Burung Camar. Vina Panduwinata yang malam itu mengenakan gaun berwarna keperakan membawakan 8 lagu. Lagu era 80-an pun dibawakan sang diva tersebut.Dengan suara serak khasnya, Vina mengawali penampilannya dengan Biru. Berturut-turut Di Dadaku ada Kamu, September Ceria, Surat Cinta, dan Aku Makin Cinta.

Di akhir penampilannya, Vina mengajak semua artis naik ke panggung kembali membawakan lagu Rumah Kita, dari Achmad Albar.

Tahun 2015 ini, sejumlah gelaran musik masuk dalam agenda Banyuwangi Festival. Mulai dari Festival Perkusi & Lalare Orkestra, Banyuwangi Peaceful Concert, Jazz Ijen, dan Beach Jazz Festival.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, Jazz pantai ini sengaja dihadirkan untuk masyarakat Banyuwangi. Ajang Jazz Pantai diharapkan bisa mendorong promosi pariwisata Banyuwangi, khususnya untuk destinasi wisata pantai. Sektor pariwisata, kata Anas, menjadi salah satu andalan untuk menggerakkan perekonomian di tengah tantangan perlambatan ekonomi yang saat ini sedang dihadapi Indonesia.

"Jazz Pantai ini konsepnya pariwisata berbasis event (event tourism). Di banyak tempat, event tourism adalah cara efektif untuk memperpanjang siklus destinasi. Sehingga, wisatawan bisa lebih lama tinggal dan otomatis belanjanya juga lebih besar. Sebagai contoh, setelah menikmati pantai atau naik Kawah Ijen, bisa menonton Jazz Pantai di Pantai Boom atau sebaliknya," ujar Anas.
(Detik.com) (Hsty_14092015)

  • BAGIKAN :