Pelaksanaan Konsultasi Publik Dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Program Percepatan Pembangun

 

Konsultasi Publik Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Banyuwangi Tahun 2012, sebagai turunan dari tersusunnya Buku Putih Sanitasi yang merupakan produk dari Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman dilaksanakan pada hari Rabu 5 Desember 2012. Bertempat di Ruang Rapat Bappeda Banyuwangi, acara konsultasi publik yang dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Suhartoyo, SH.,M.Si dengan mengundang antara lain satker selaku Pokja Sanitasi di beberapa SKPD terkait, PKK, semua kecamatan.

SSK tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan langkah-langkah mewujudkan grand design sanitasi di tahun 2013 yang akan berlanjut dengan penyusunan Memorandum Program Sektor Sanitasi (MPSS) di Kabupaten Banyuwangi. Memorandum Program Sektor Sanitasi adalah langkah tahun kedua dari PPSP. Memorandum Program merupakan kesepakatan program dan anggaran antara Pemerintah dengan Pemda, baik untuk jangka menengah maupun tahunan. Tujuan SSK lebih fokus pada program dan kegaitan serta bagaimana cara mencapai tujuan pembangunan sanitasi dalam 5 tahun mendatang sesuai dengan visi dan misi sanitasi kabupaten. Sedangkan MPSS lebih fokus pada bagaimana memastikan strategi tersebut berjalan, khususnya dengan skenario strategi pendanaannya. Singkatnya MP merupakan penjabaran lebih lanjut dari program kegiatan yang telah ditetapkan dalam SSK

SSK juga harus dijadikan sebagai acuan oleh pemerintah maupun masyarakat yang hendak turut berpartisipasi secara aktif dalam percepatan sanitasi permukiman. Kepada unsur perwakilan dari desa, Dalam forum konsultasi tersebut ada empat bidang menjadi target sektor sanitasi Kabupaten Banyuwangi. Keempat target tersebut meliputi Air limbah, Persampahan, Drainase lingkungan, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Di bidang persampahan, target yang ditetapkan adalah sudah adanya layanan sampah yang mencakup kota Banyuwangi. Yang sekarangan telah ada program Bank Sampah dimana masyarakat dapat menukarkan sampah diganti dengan uang dengan ketentuan dan syarat tertentu melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Banyuwangi.

  • BAGIKAN :