BERITA

Home Berita

Pemenang Lomba Foto Instagram Diajak Liburan Gratis Ke Banyuwangi

images

01-02-2016

Banyuwangi - Sejak bulan Mei 2015, Pemkab Banyuwangi mengadakan lomba foto Instagram untuk promosi wisata. Dua pemenang terbaik pun diajak untuk liburan gratis ke Banyuwangi. Asyik!

Satu lagi jurus jitu Kabupaten Banyuwangi menjual potensi wisata dengan menyasar kalangan penggila media sosial. Kali ini Pemkab Banyuwangi memberi reward jalan-jalan keliling Banyuwangi bagi dua orang pemenang lomba foto #IniBanyuwangi yang digelar melalui media sosial Instagram pada 2015 lalu.

Dua pemenang tersebut ialah Ahmad Muharam Zainul Ihsan (25) dan Lia Dwi Sanjaya (24). Dua pemenang ini diajak menikmati liburan gratis 2 hari penuh di Banyuwangi. Hore!

Liburan gratis untuk dua pemenang ini bakalan seru. Mereka diajak berkeliling ke sejumlah destinasi wisata keren sambil kulineran khas Banyuwangi. Beberapa destinasi wisata bakal dijelajahi, di antaranya Pantai Pulau Merah, Bangsring Underwater, Pulau Tabuhan, Air Terjun Kembar, Green House Pendopo dan sejumlah taman kota.

"Untuk kulinernya, mereka akan diajak menikmati rujak soto, nasi tempong, dan ikan bakar. Tak lupa, kopi khas Banyuwangi juga akan mereka nikmati," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi Djuang Pribadi pada detikTravel, Jumat (29/1/2016).

Djuang menambahkan, dua pemenang itu juga dipameri dan menginap di Hotel Blambangan. Sebuah hotel dengan arsitektur unik milik Pemkab Banyuwangi yang kini dikelola oleh 25 anak muda lulusan SMK jurusan perhotelan di Banyuwangi. Dulu, hotel tersebut kumuh tak terawat. Namun setelah direvitalisasi, sekarang menjadi salah satu hotel dengan okupansi tinggi di Banyuwangi.
Media sosial Instagram dipilih karena selain tepat untuk sarana membagikan pengalaman dengan foto, juga karena jumlah penggunannya terus meningkat. Berdasarkan data terbaru, 89 persen pengguna Instagram adalah anak muda berusia 18-34 tahun.

Sekitar 69 persen Instagrammers alias pengguna Instagram bergelar sarjana dan memiliki pendapatan 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pengguna smartphone di Indonesia secara umum.

"Lomba ini merupakan bagian dari strategi promosi pariwisata daerah. Segmen pengguna media sosial menjadi salah satu yang diincar karena memang jumlahnya sangat besar. Dengan penetrasi internet yang kian tinggi, pemasaran seperti ini menjadi lebih tepat dibanding cara-cara konvensional. Profil seperti itu sesuai dengan segmen pasar yang dibidik oleh pariwisata Banyuwangi," kata Djuang.

Lomba foto ini, kata Djuang, digelar setiap bulan pada 2015 mulai bulan Mei. Ada tema yang berbeda-beda tiap bulannya, mulai dari pesona wisata alam hingga budaya Banyuwangi.

Setiap bulan dipilih dua pemenang untuk mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp 1 juta. Dari semua pemenang, dipilih dua pemenang yang berhak mendapatkan hadiah berlibur gratis ke daerah berjuluk The Sunrise of Java ini.

Djuang menambahkan, pengalaman berlibur gratis ke Banyuwangi bakal membuat pemenang lomba terkesan dan bisa membagikan pengalamannya tersebut ke koleganya secara langsung maupun melalui media sosial. (rdy/detiktravel.com)(rzl)