BERITA

Home Berita

Pulau Tabuhan Akan Ditata Bertahap Untuk Wisata Minat Khusus

images

24-08-2015

Banyuwangi - Pulau Tabuhan adalah 'mutiara' baru di Kabupaten Banyuwangi. Pulau tak berpenghuni ini jadi surga bagi pecinta kiteboarding, dengan hamparan pasir putih dan laut jernih. 

Untuk menuju ke Pulau Tabuhan, dari pusat Kota Banyuwangi kita harus menuju ke Pantai Bangsring yang merupakan salah satu titik pemberangkatan. Dari Pantai Bangsring, wisatawan bisa menuju Pulau Tabuhan dengan waktu tempuh tak sampai 25 menit menggunakan kapal wisata yang dioperasikan oleh kelompok warga lokal.

Kekayaan alam di Pulau Tabuhan bisa dilihat saat pertama kali menginjakkan telapak kaki di pasir putihnya. Jejeran pohon setigi nan langka juga ikut menghiasi pesisir pantainya. Dan ketika melihat beningnya hamparan air lautnya siapapun pasti tergoda ingin berenang bermain air laut. Jika beruntung, saat snorkling di Pulau Tabuhan kita bisa bertemu dengan ikan mola-mola. Wow!

Melihat potensi keindahan alam Pulau Tabuhan, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas optimistis jika Pulau Tabuhan bakal menjadi lokasi idola bagi pencinta kiteboarding dan wisatawan umum. Laut di pulau tersebut mempunyai keistimewaan yang tak dimiliki wilayah lain yang selama ini dikenal sebagai surfpoint.

Untuk pengembangan lokasi wisata minat khusus di Pulau Tabuhan, Pemkab Banyuwangi akan melakukan pengembangan secara bertahap. Ke depannya, pantai berpasir putih ini akan ditata lebih cantik dan bersih sehingga wisatawan mancanegara bisa lakukan aktivitas seperti berjemur, snorkeling dan kiteboarding.

"Pulau Tabuhan kedepan akan kami tata secara bertahap kemudian bisa dikembangkan menjadi wisata minat khusus bagi wisatawan mancanegara. Jadi bule bisa bebas berjemur disini," kata Anas ketika ditemui di Pulau Tabuhan, Sabtu (22/8/2015).

Dengan menata Pulau Tabuhan tentu diharapkan bisa meningkatkan ekonomi lokal. Wisatawan akan membutuhkan hotel, kuliner, dan fasilitas lainnya.

"Ini hanya soal waktu dan promosi. Kita tidak mau terburu buru, langkah langkahnya perlu kita tata supaya Pulau Tabuhan bisa tetap asri dan ekonomi lokal pun ikut tumbuh," pungkasnya.(Detik Travel) (Hsty_24082015)