Ribuan Santri Meriahkan Pembukaan Festival Santri 2015 di Banyuwangi

Banyuwangi - Festival Santri 2015 resmi dibuka Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Sabtu malam (26/9) di RTH Maron Genteng. Ribuan santri dari seluruh pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi tampak hadir dalam event yang kali pertama digelar Oleh pemkab Banyuwangi ini. Mereka tampak menikmati festival yang menyalurkan bakat keilmuan para santri.

"Saya senang sekali ada event ini, bisa saling tukar ilmu dan saling menceriterakan pengalaman dimasing-masing pesantren. Kalau bisa tahun depan ada lagi," kata Ali Mustofa,salah satu santri dari Mamba'ul Huda.

Selain santri,para ulama,kyai dari seluruh pondok pesantren di bumi Blambangan juga hadir di acara tersebut. Festival ini digelar bukan tanpa maksud, salah satunya ialah untuk menumbuhkan kreativitas dikalangan pondok pesantren. Supaya kepercayaan diri para santri bisa bertumbuh lebih baik dan mampu mendorong pondok pesantren berinovasi mencari pola pembelajaran baru yang lebih mudah dipahami.

"Supaya ponpes bisa inivasi dan tidak lagi menggunakan metode konvensional yang memakan waktu lama. Ke depan penilaian dari ajang ini akan kami tambah, salah satunya penilaian pesantren inovatif," kata Anas.
Gema sholawat nabi yang dilantunkan ribuan santri mengawali event yang mengangkat eksistensi pondok pesantren ini. Disusul penampilan hadrah-hadrah terbaik dari Rabithah  Ma'ahid Islami (RMI). Selain itu memeriahkan event  menjalin silahturahmi antar pesantren ini, musik gambus "Mayami" dari Jember juga tiada henti-hentinya menyuguhkan lagu-lagu Islami yang menyejukkan hati. Antara lain, Putri Kumala, Suwayya dan istisqo'. Pembukaan festival ditutup dengan pesta kembang api yang cukup banyak,menghiasi langit kota Genteng.

Festival Santri berlangsung selama dua hari 26 -27 dengan serangkaian kegiatan dan lomba-lomba  seperti lomba ilmiah misalnya baca kitab, tahfidz, penulisan arab, pidato, menulis arab, dan kaligrafi. Juga ada lomba yang sifatnya hiburan seperti sepak bola api dan volly sarungan yang dilaksanakan sebelum pembukaan. Festival ini nanti akan dipuncaki dengan gelaran sholawat akbar bersama Habib Syech pada 2 Oktober 2015 mendatang. 
(detik.com_gik/tor)(rzl)

  • BAGIKAN :