BERITA

Home Berita

Tank boat pertama di Dunia yang dibuat di Banyuwangi kini diminati Rusia dan Mesir

images

02-08-2018

Menhan Ryamizard Ryacudu berkunjung ke PT Lundin Industry Invest di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, untuk melihat perkembangan pembuatan Antasena, tank boat yang diproduksi di Banyuwangi.

 

Pembuatan tank boat tersebut sudah dilakukan selama hampir satu tahun di PT Lundin Industry Invest yang bekerja sama dengan PT Pindad. "Saya melihat kemajuan yang baik dari pembuatan Antasena selama setahun. Ini membuat bangsa kita bangga karena Indonesia sudah bisa membuat kapal yang bagus dan sudah mulai dipesan oleh negara lain. Ini menandakan produk kita sama dengan produk negara besar lainnya," jelas Menhan Ryamizard kepada sejumlah wartawan saat berkunjung di pabrik PT Lundin.

 

Ia menjelaskan, tank boat Antasena nantinya akan dioperasikan di sungai-sungai besar seperti Kalimantan dan Papua. "Kita buat satu dulu, Kalau bagus pasti banyak yang pesan. Diusahakan tahun depan sudah bisa dioperasikan," jelasnya. Menhan juga mengatakan saat ini sudah ada sekitar 30 kapal perang yang sudah diproduksi di dalam negeri, namun yang digunakan oleh pertahanan hanya sekitar 10 kapal perang. "Jika dalam keadaan darurat dalam setahun kita bisa produksi 30 kapal perang karena kita sudah canggih," jelasnya.

 

Antasena, dibuat di Banyuwangi selama hampir satu tahun, berkat kerjasama PT Lundin Industry Invest dengan PT Pindad. PT Lundin kebagian menggarap kapalnya, Pindad mengurusi persenjataan Antasena.

 

Nama Antasena diambil oleh tokoh mitologi pewayangan yang mampu bertarung di air. Selain itu, tokoh Antasena merupakan tokoh pewayangan yang kebal terhadap segala jenis senjata. Antasena merupakan tank boat pertama di dunia.

 

Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (pur) Ryamizard Ryacudu meninjau langsung produksi kapal dan meresmikan prototipe kapal tersebut di PT Lundin, Banyuwangi. Ryamizard mengaku puas dengan kapal tersebut.

 

"Hasilnya sangat baik, sangat membanggakan. Bangsa kita mampu membuat kapal bagus, bahkan sudah banyak dipesan negara lain," ujarnya.

 

Salah satu pemesannya, kata Ryamizard, adalah Rusia. "Kami targetkan tahun depan kapal sudah bisa dioperasikan. Kapal ini nanti dioperasikan di wilayah yang daerahnya memiliki banyak sungai dan rawa, seperti Kalimantan dan Papua," imbuhnya.

 

Selain Rusia, Mesir juga dikabarkan serius menaruh minat pada tank boat buatan banyuwangi ini untuk memperkuat armada militer mereka. Pemerintah Mesir sendiri telah mengirimkan perwakilannya beberapa waktu lalu untuk meninjau langsung Antasena yang diklaim sebagai tank boat pertama di dunia.

 

Source : merdeka.com - kompas.com