Tahun 2022, Pemkab Banyuwangi Prioritaskan Bidang Pertanian Sebagai Program Unggulan

Banyuwangi - Pada tahun depan Pemkab Banyuwangi memprioritaskan bidang pertanian disusul UMKM dan Pariwisata dalam perencanaan tahun 2022, Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Banyuwangi, Suyanto Waspo Tondo Wicaksono mengatakan ada perubahan program perencanaan kabupaten Banyuwangi, yang sebelumnya memprioritaskan sektor pariwisata, di tahun depan akan berubah menjadi sektor pertanian.

"Jadi perbedaan mendasar dalam perencanaan sebelum pandemi kan kita fokusnya di pariwisata, kemudian UMKM pertanian, tapi ditahun depan ini, strategi kita berubah jadi pertanian ditaruh paling depan, umkm, lalu disusul pariwisata, tapi tetap tiga hal tersebut merupakan program unggulan selain yang wajib yaitu pendidikan dan kesehatan," ungkapnya pada selasa(5/10/2021).

Kemudian, Yayan sapaan akrabnya menganggap sektor pertanian cenderung stabil dan memberikan kontribusi yang nyata saat pandemi di bandingkan kedua sektor tersebut.

"Karena meskipun dimusim pandemi kontribusi di pertanian itu tetap tidak menurun seperti kontribusi pariwisata, walaupun dimasa pandemi tetap panen,"paparnya.

Kedepan imbuh Yayan, ketiga sektor program unggulan Pemkab itu saling berkolaborasi, sehingga bisa berjalan beriringan.

“Harapannya pertanian di depan ini bisa menggandeng sebagai lokomotif nya pariwisata dan UMKM yang ada di belakangnya misalnya, festival Padi itu kan tetap pertanian yang di depan dan dibelakangnya ada pariwisata dan produk UMKM yang dijual,” imbuh Yayan.

Link Terkait