Bagikan:

BAPPEDA Banyuwangi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Sistem Dinamis Indeks Pembangunan Manusia dan Kajian Sistem Dinamis Kemiskinan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberikan Program Reformasi Birokrasi Tematik Pengentasan Kemiskinan sebagai dukungan penguatan Tata Kelola Birokrasi untuk mencapai target penurunan kemiskinan menjadi 7 % pada Tahun 2024.

Angka Kemiskinan Kabupaten Banyuwangi Tahun 2022 sebesar 7,51 % peringkat 12 terendah di Jawa Timur, namun angka kemiskinan turun 0,56 %vdari tahun 2021. Masih ada 16.100 penduduk miskinekstrem di tahun 2022 yang harus dituntaskan.

Dalam Upaya penurunan angka kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi menyelenggrakan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Sistem Dinamis Indeks Pembangunan Manusia dan Kajian Sistem Dinamis Kemiskinan yang diadakan pada hari Selasa Tanggal 28 Februari 2023 di Ruang Pangripta 1 Bappeda. FGD ini dihadiri oleh beberapa SKPD yaitu Disnaker Trans dan perindustrian, DPMPD, Dinsos PP dan KB, Dispendik, Diskes, Dinas Pertanian dan pangan,dll. FGD ini bertujuan untuk menemukan solusi yang tepat dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi. Mengingat permasalahan kemiskinan bersifat kompleks dan dinamis. Secara kontekstual masalah kemiskinan dibentuk oleh kombinasi karaksteristik wilayah (makro) , ada kecenderungan tipikal antar daerah perlu adanya intervensi secara local dalam menuntaskan kemiskinan.

_________